Rabu, 18 Maret 2009

Tugas Konsep OOP “Sekilas Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Pada JAVA”

Konsep OOP “Sekilas Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek Pada JAVA”

Didalam kehidupan sehari-hari objek dinyatakan dengan apayang kita lihat dan kita rasakan dengan panca indra kita yaitu pengelihatan, pendengaran,Penciuman dan perasaan ( diraba ) sudah tentu saja sebuah objek dalam keseharian tersebut sangatlah berbeda dari objek satu dengan objek lainnya yang dirasakan oleh panca indra kita. Dan Objek-objek tersebut dapat untuk masa yang akan datang.digabungkan dengan objek lainnya dengan sesuai kebutuhan yang kita inginkan dan dapat dipergunakan sebagai Objek yang sangat berguna untuk sekarang serta dapat dikembangkan untuk masa yang akan datang.

Pemrograman berorientasi objek diciptakan dan dikembangkan untuk mempermudah dalam pengembangan program dengan cara mengikuti model atau objek yang telah ada dalam kehidupan nyata. Dalam paradigma ini, sesuai dengan model kehidupan nyata, segala bagian dari suatu permasalahan adalah objek. Objek-objek tersebut juga dapat merupakan pengabungan-pengabungan dari beberapa objek yang lebih kecil. Sebagai contohnya saya gunakan pada sebuah objek Sepeda Motor ( yang merupakan bagian dari objek di kehidupan nyata ) yang merupakan gabungan dari beberapa bagian objek yang fungsi, bentuknya yang sesuai dengan kebutuhan pada sebuah Sepeda Motor , seperti : roda, jok,mesin, rangka motor, dan lain sebagainya.

Begitu juga pada sebuah program. Objek besar dapat dibentuk dengan menggabungkan beberapa objek-objek dalam bahasa pemrograman. Objek-objek tersebut berkomunikasi dengan saling mengirim pesan kepada objek lain yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya.
Khusus pada pemrograman dalam bahasa Java merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi dengan berkonsep OOP yang dikembangkan oleh bahasa pemrograman terdahulunya yaitu pemrograman bahasa C. Sebagaimana bahasa yang memiliki konsep OOP memiliki karakteristik yang sangat terciri dengan sifat dari bahasa pemrograman berkonsep OOP pada pemrograman Java yang mendasar yaitu :

Kelas (Class)
Di analogikan sebuah pola atau cetakan atau template dari model-model objek yang akan kita buat. Misalkan sebuah cetakan kue atau makanan ringan ( cemilan ) yang akan digunakan untuk membuat ratusan kue. Kue yang dibuat merupakan hasil atau yang bisa disebut OBJEK (OBJECT) dan cetakan kue tersebut merupakan Kelas(Class). Sudah tentu dalam adonan kue tersebut bisa memiliki rasa dan warna yang berbeda-beda.

Objek (Object)
Merupakan hasil dari Kelas (Class) atau turunan langsung dari Kelas (Class ) yang mempunyai suatu bentuk nyata atau tidak nyata contohnya .Manusia, Hewan,Tumbuhan, Kedaraan(benda) dan lain-lain.

Pengkapsulan (Encapsulation)
Merupakan penerapan pada bahasa pemrograman yang berorientasi terhadap objek yang bersifat menyembunyikan informasi dari objek tersebut agartidak bisa terlihat yang bertujuan hanya memberikan hak akses kepada yang dituju yang bertujuan menghindari interfensi dan menyederhanakan penggunaan sitem itu sendiri. Contohnya adalah tombol control untuk mematikan dan menghidupkan TV dan merubah channel tv pada sebuah TV yang terdapat pada remote tv. Tuas pengubah kecepatan pada Mobil.Dalam bahasa Java pengkapsulan ini dilakukan pada class, method, dan field serta dapat dilakukan secara bertingkat dalam hak aksesnya yaitu Private, public dan protected.

Pewarisan (Inheritance)
Merupakan sifat yang mengambarkan penurunan sifat dalam kelas (class) sehingga dapat membentuk hirarki kelas (Class) yang berupa penurunan atribut dan method kepada kelas lain. Contohnya 1. Objek Mobil sebagai Class Mobil Sedan,Mobil Minibus, Mobil PickUp sebagai subclassnya . 2. Class Orang yang merupakan class induk yang memiliki subclassnya yaitu Dosen .

Banyak Bentuk Dan Rupa ( Polymorphisme )
Merupakan kondisi dimana sebuah objek memiliki beberapa bentuk dalam penerapan dalam konsep OOP ini dapat dilakukan dengan nama kelas ( Class ) yang sama tetapi memiliki implementasi yang berbeda-beda. Dan diterapkan dengan mekanisme Overloading (Penggunaan : satu nama untuk beberapa method yang berbeda (beda parameter)) dan Overriding Terjadi ketika pendeklarasi method subclass dengan nama dan parameter yang sama dengan method dari superclassnya.

Modul ( Modularity )
Merupakan sifat object adalah modular. Object dapat ditulis dan dimaintain terpisah (independen) dari object lain sehingga terjadinya suatu interaksi dalam sebuah sistem program yang antara objek satu dengan yang lainnya dalam satu lingkup sistem program itu sendiri.

Topik yang saya angkat dalam Konsep OOP kali ini adalah Pewarisan dari Class Orang yang memiliki subclass Dosen

// Orang.java
// class orang yang merupaka class induk yang akan diwariskan oleh subclass Dosen
class Orang
{
public String nama;
public String alt;
protected String jeniskel;
protected String kodeprof;
private String ket="Termasuk Makhluk Hidup";

Orang()
{
System.out.println("Konstruktor Orang");
}

Orang(String nm,String al,String kp,String jk);
{
this.nama=nm;
this.alt=al;
this.kodeprof=kp;
this.jeniskel=jk;
}
}
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
//Dosen.java
//Menggunakan keyword extends
//class dosen sebagai subclass dari class induk orang yang merupakan pewarisan dari class orang yang wariskan
// subclass nya yaitu class Dosen
class Dosen extends Orang
{
Dosen()
{
System.out.println("Konstruktor Dosen");
}

Dosen(String nd,String sl,String kp, String jk);
{
this.nid=nd;
this.spesialis=sl;
this.kodeprof=kp;
this.jeniskel=jk;
}
public String nid;
public String spesialis;
public String kodeprof;
public static void main(String args[])
{
Dosen Orang1=new Dosen("0303017703","Computer Graphics & Multimedia ","007","Laki-Laki");
Orang1.nama="Hendra Kusworo";
System.out.println("Nid Dosen ="+Orang1.nid);
System.out.println("Nama Dosen ="+Orang1.nama);
System.out.println("Jenis Kelamin ="+Orang1.jeniskel);
System.out.println("Keahlian Dosen ="+Orang1.spesialis);
System.out.println("Kode Profesi ="+Orang1.kodeprof);
}
}
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk melihat hasil Outputnya dari Dosen.java yang sebelumnya di Compile untuk menghasilkan File Dosen.Class
menggunakan Textpad dengan outputnya adalah sebagai berikut pada :












Tidak ada komentar:

Posting Komentar